Pengertian, Manfaat Dan Pengaruh Outbound Link Terhadap SEO

Belajar SEO - Pengertian, Manfaat Dan Pengaruh Outbound Link Terhadap SEO ini sangat penting untuk kita pelajari karena baik inbound link maupun outbound link merupakan hal penting dalam ilmu SEO dan juga sangat mempengaruhi posisi sebuah situs di halaman mesin pencarian seperti google. Oleh karena itu saya akan mengulas secara keseluruhan terkait dengan outbound link pada artikel yang saya buat kali ini.
Pengertian, Manfaat Dan Pengaruh Outbound Link Terhadap SEO
Outbound Link

Pengertian outbound link
Outbound links merupakan sebuah link keluar dari suatu web atau blog yang ditujukan ke web atau blog lainya, outbound link ini berdampak negatif terhadap SEO sebuah web dan blog, tapi pada kondisi tertentu juga outbound link akang sangat membatu atau berdampak positif terhadap web dan blog. Mungkin pernyataan tersebut outbound link ini terlihat membingungkan, benar memang ini cukup membingungkan saya juga awalnya merasakan hal yang sama. Karena baca artikel ini dikatakan bahwa outbound link memiliki berdampak negatif terhadap SEO sebuah web dan blog, tapi setelah membaca artikel lain ternyata ada yang mengatakan bahwa outbound links berpengaruh positif untuk meningkatkan posisi web atau blog di mesin pencarian seperti google. Oleh karena itu saya cukup tertarik untuk mempelajari dampak negative dan positif outbound link secara bersamaan dan hasilnya saya rangkum disini. Semoga dengan penjelasan tentang kontraversi manfaat outbound link menambah pengetahuan anda mengenai cara memaksimalkan sebuah link untuk meningkatkan SERP sebuah web atau blog.

Manfaat outbound link
Salah satu cara aga sebuah website atau blog memiliki pengunjung tetap adalah dengan membangun kredibilitas sebuah situs. Oleh sebab  itu Outbound link diperlukan untuk menigkatkan kredibilitas karena artikel yg ditulis dengan melampirkan sumber akan lebih dipercaya. Sebagai contoh, jika anda menulis sebuah artikel tentang informasi sebuah kejadian penting, maka dengan memberikan outbound link ke artikel rujukan anda maka maka akan lebih meyakinkan pembaca akan validitas informasi yang anda berikan tersebut.

Outbound link Negatif
Pada saat anda membuat tulisan untuk postingan di situs yang membahas tentang ilmu SEO, tapi dalam postingan tersebut terdapat link menuju ke artikel situs lain yang bukan ulasan tentang SEO. Outbound link seperti ini sangat tidak dianjurkan karena arah link yang dituju tidak relevan dengan atikel kita yang mengulas yaitu tentang ilmu SEO. oleh karena itu kita harus hati-hati dalam penempatan links pada postingan. Apabila anda sembarangan memberikan link keluar, misalnya untuk memberikan backlink ke blog anda yang lain, tapi buka nice SEO. Karena hal tersebut akan memberikan dampak negatif terhadap blog anda.

Outbound link Positif
Link yang natural dan membantu pembaca akan mendapai penilaian khusu dari google, jadi sebaiknya link outbound ditempatkan kedalam konten atau artikel dengan anchor text yang relevan tulisan tersebut. Sebagai contoh apabila anda membuat artikel yang bersumber dari Wikipedia, maka berikan link yang menuju artikel Wikipedia tersebut sebagai sumbernya, link seperti inilah yang di sebut outbound links positif, karena link yang anda jadikan sebagai sumbernya mengarah ke posting yang sama atau berkaitan dengan tema artikel yang anda buat. Dan link outbound seperti ini sangat baik untuk mendukung SERP senuat situs.

Pengaruh outbound link terhadap SERP sebuah web atau blog
Perlu anda ketahui bahwa google spider sensitif sekali dengan adanya link-link hidup pada sebuah halaman di suatu situs. Google spider akan merayapi semua link yang ada di sebuah halaman atau page suatu web atau blog, apabila link yang dirayapi tersebut sesuai dengan artikel di halaman, maka outbound links akan dianggap positif, akan tetapi jika sebaliknya, maka outbound links yang ada pada halaman tersebut akan sangat berdampak negatif terhadap tingkat SEO web atau blog anda.

Demikian Pengertian, Manfaat Dan Pengaruh Outbound Link Terhadap SEO yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly, semoga bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO On Page sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing, saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.