Cara Riset Keyword SEO Paling Mudah

Belajar SEO - Cara riset keyword SEO paling mudah adalah topik pembahasan kita kali ini. Kenapa riset keyword atau dalam bahasa lain riset kata kunci itu penting untuk kita bahas? Karena Keyword yang baik akan mengantarkan dan memudahkan search engine untuk mencari kita, dan search engine sangat suka dengan keyword yang unik.

Penjelasan tentang Research Keyword atau riset keyword juga sudah dibahas pada artikel sebelumnya, jadi disini saya tidak perlu menjelaskan lagi tentang riset kata kunci, bagi anda yang belum memahami tentang Research Keyword silahkan baca Teknik SEO Untuk Pemula, disana sudah dijelaskan tentang riset keyword.

Kembali lagi ke pembahasan yaitu utama Cara riset keyword SEO paling mudah, Research Keyword yang paling mudah yang akan saya bahas disini ada dua cara yaitu dengan Google keyword suggestions dan Ubersuggest. Sebenarnya dua cara riset keyword tersebut tujuannya sama yaitu untuk mencari keyword yang paling banyak dicari yang berhubungan dengan sebuah kata kunci yang sudah kita tentukan. Dari dua cara riset kata kunci yang paling mudah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kita menggunakan Google keyword suggestions kelebihannya keyword yang muncul real berdasarkan urutan banyaknya pencarian google, dengan cara ini menurut saya lebih direkomandasikan, tapi keyword suggestions yang didapat dengan teknik ini sangat terbatas. Sementara jika kita menggunakan tool Ubersuggest dengan sekali klik kita bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan keyword suggestions dari sebuah keyword, tapi tool Ubersuggest men-suggestion keword berdasarkan urutan sesuai abjad. Jadi kita sulit untuk menentukan keyword yang palin banyak dicari di mesin pencarian google.

Saya rasa sudah cukup jelas kelebihan dan kekurangan dua cara riset keyword SEO paling mudah diatas, sekarang kita akan bahas cara kerja riset kata kunci tersebut.

Google keyword suggestions
Seperti yang sudah saya katakana diatas, cara ini yang paling direkomandasikan karena memunculkan keyword suggestions berdasarkan urutan banyaknya pencarian google. Berikut langkah-langkah menggunakan Google keyword suggestions:
1. Buka google.co.id karena kita akan mencari keyword bahasa Indonesia yang banyak dicari oleh orang yang tinggal di Indonesia.

2. Pada halaman google.co.id tersebut masukkan kata kunci utama yang ingin dicari, misalnya “cara”. Maka akan muncul google suggestion berdasarkan urutan banyaknya pencarian google seperti gambar dibawah ini:

3. Setelah itu tambahkan beberapa keyword yang ingin ditargetkan, misalnya “riset keyword”, Maka akan muncul google suggestion yang lebih panjang dan lebih mempersempit target kata kunci yang kita cari berdasarkan urutan banyaknya pencarian google seperti gambar dibawah ini:


Selain itu juga suggest bisa kita ambil di bagian bawah halaman pencarian google seperti gambar dibawah ini:

Setelah menemukan beberapa keyword tersebut silahkan pilih kata kunci yang ingin anda ambil.

Ubersuggest
Jika ingin mencari keyword dengan jumlah yang banyak sekaligus maka Ubersuggest solusi yang paling tepat. Modal satu keyword utama, hanya dengan sekali klik saja bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan kata kunci turunan. Berikut langkah-langkah riset keyword dengan Ubersuggest:
1. Masuk ke http://ubersuggest.org
2. Masukan keyword utama yang ingin anda cari, misalnya “riset keyword”, pilih Negara sesuai target keyword misalnya kata kunci bahasa Indonesia pilih Negara Indonesia dan sebelahnya tetap pilih web lalu klik suggest.

3. Setelah muncul banyak kata kunci seperti gambar dibawah ini:

4. Lalu klik “Select All Keywords” seperti pada gambar dibawah ini:

5. Selenjutnya Klik “Get” seperti gambar dibawah ini:

6. Copy semua keyword yang didapatkan seperti gambar dibawah ini dan simpan di NotePad

Selamat anda sudah mendapatkan banyak kata kunci yang menjadi modal anda untuk ngeblog. Demikian Cara riset keyword SEO paling mudah dengan menggunakan Google keyword suggestions dan Ubersuggest, semoga bermanfaat untuk kita semua. Bagi yang ingin menambahkan, sharing atau bertanya silahkan melalui kolom komentar. Yang sudah disediakan. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.