Cara Optimasi URL atau Link Posting Agar SEO

Belajar SEO - Bagaimana Cara Optimasi Url atau Link Posting Agar lebih SEO? Ini materi SEO yang akan kita ulas pada artikel ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan Cara Oprimalisasi URL sebuah posting, saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari URL tersebut. Sehingga apabila ada pembaca yang belum mengerti yang dimaksud dengan url akan menjadi ilmu baru untuknya.

Untuk lebih meyakinkan pembaca, pengertian url disini bukan menurut penulis pribadi melainkan dikutip dari wikipedia.org sehingga akan terlihat lebih ilmiah, bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan. URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

URL merupakan sebuah inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet di dunia hingga saat ini. Sejaka diciptakan pertama kali pada tahun 1991 oleh tim Berners-Lee, URL  dibuat agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web. Namun tiga tahun kemudian, Sejak 1994, konsep URL kemudian dikembangkan menjadi Uniform Resource Identifier (URI) yang bersifat lebih umum. Meski demikian, sampai saat ini istilah URL masih tetap digunakan secara luas oleh kalangan masyarakat umum, terutama pengguna internet diseluruh dunia.

Sekarang kembali lagi ke topik utama yaitu bagaimana cara membuat url atau dalam bahasa lain adalah link sehingga bisa menunjang SEO sebuah posting seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya dalam posting Teknik SEO Untuk Pemula. Mengapa optimasi url atau link ini sangat penting untuk kita pelajari? karena URL ini juga sangat berperan penting muncul posting di SERP. Dalam hal ini dalam pembuatan url atau link sebuah posting dianjurkan untuk tidak membuat url terlalu pendek, tapi haris disesuaikandengan judul posting yang kita buat. sebagai contoh misal kita membuat judul “Cara Optimasi Url atau Link Posting Agar SEO” maka url yang kita buat harus seperti ini:

http://seo.rhodoy.com/2015/07/cara-optimasi-url-link-posting-agar-seo.html

URL diatas merupakan salah satu contoh tulisan url yang seo, Biasanya kalau judul posting yang kita buat memiliki jumlah kata yang cukup banyak, maka tidak semua kata dalam judul tersebut akan termuat dalam url, sebagai contoh misal kita membuat judul “Cara Optimasi Url atau Link Posting Agar SEO” maka url yang akan terbentuk secara otomatis seperti ini:

http://seo.rhodoy.com/2015/07/cara-optimasi-url-atau-link-posting.html

URL seperti diatas merupakan contoh url yang kurang seo, karena tidak relevan dengan tag judul dan meta description pada posting tersebut. Nah, bagaimana cara menambahkan kata yang terpotong tersebut untuk membuat url yang SEO? Perhatikan gambar dibawah ini:


  1. Klik terlebih dahulu pada pilihan “Tautan Permanen Khusus”
  2. Tambahkan kata yang terpotong pada kolom tulisan url yang sudah ada dan dipisahkan dengan tanda (-)
  3. Klik selesai
  4. URL yang SEO sudah jadi
Demikian Cara Optimasi Url/Link Posting Agar lebih SEO yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Cara Riset Keyword SEO Paling Mudah, semoga bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO On Page pada posting anda sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.