Cara Optimasi SEO Off Page Terbaru

Belajar SEO - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara optimasi seo off page terbaru yang benar menurut google. Tapi sebelum memasuki topik utama tertang cara optimasi seo off page, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu pengertian dari seo off page itu sendiri sehingga. Dengan mengerti definisi dari seo off page diharapkan akan memudahkan kita dalam mempelajri cara optimasi seo off page.
Cara Optimasi SEO Off Page Terbaru
SEO Off Page

SEO OFF PAGE merupakan sebuah proses dimana kita melakukan optimasi sebuah website atau blog yang dilakukan dari luar situs tersebut dengan mencari backlink dan mempromosikan blog kita sehingga mendapatkan trafik sesuai yang kita harapkan. Jadi inti dari off page itu sendiri adalah mencari backlink dan mempromosikan situ yang kita miliki. Apabila dua hal tersebut di lakukan dengan benar, maka blog kita akan bendapatkan trafik dari baik mesin pencarian maupun dari tempat kita mempromosikan blog kita tersebut.

Pembahasan optimasi seo off page yang pertama adalah bagaimana cara mencari backlink yang benar. Terkait dengan masalah backlink, yang harus mendaji perhatian kita adalah kualitas, bukan hanya sekedar mencari backlink yang banyak. Semakin banyak backlink maka semakin sukses optimasi offpage kita, itu teori lama yang sudah tilak layak pakai lagi mengingat google semakin canggih dan selalu membuat algoritma baru. Dengan melakukan penanaman backlink yang berlimpah namun tidak berkualitas akan berakibat buruk terhadap blog kita karena robot mesin pencarian seperti google akan menganggapnya sebagai spam.

Dulu sering kita dengan bahasa satu backlink dari halaman berpagerank tinggi akan lebih baik dari pada puluhan backlink dari halaman situs yang tidak mempunyai pagerank sama sekali. Tapi sekarang menurut para mastah seo itu tidak berlaku lagi, algoritma google sudah berubah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa page rank sudah mati. Tapi meskipun demikian saya rasa backlink dari halaman yang memiliki page rank tinggi juga masih menjadi pertimbangan mesin pencarian seperti google.

Lantas backlink seperti apa yang berkualitas itu? Para pakar seo saat ini lebih cendrung mencari backlink dari situs yang memiliki domain authority dan page authority yang tinggi. Karena itu yang menjadi parameter kualitas backlink yang diakui saat ini. Selain itu juga backlink dari situs edu dan gov juga dipercaya mampu memberikan backlink yang berkualitas dan sangat disukai oleh mesin pencarian seperti google. Kalau di Indonesia domain edu memiliki ekstensi .ac.id sementara gov berekstensi .go.id.

Jadi  mulai saat ini anda harus bisa memilih backlink yang berkualitas untuk blog atau website anda agar semakin kuat proses optimasinya sehingga mempu menduduki dan bertahan di posisi teratas mesin pencarian seperti google. Yang harus diperhatikan juga dalam mencari backlink adalah dengan menanamkan link di situs yang relevan dengan isi blog anda serta usahakan juga mendapatkan backlink dari blog yang dofollow. Apa itu backlink dofollow, akan kita ulas pada artikel selanjutnya.

Khusus untuk para blogger pemula atau yang masih baru mulai membangun sebuah blog atau website, optimasi seo ini wajib anda pelajari secara mendalam karena seo dalam sebuah blog sangat penting untuk merealisasikan tujuan utama dari aktifitas blogging yang anda lakukan saat ini yaitu mendapatkan trafik. Dengan mengoptimasi blog agar lebih seo, search engine akan lebih mudah menemukan keberadaan blog anda untuk ditempatkan di posisi teratas mesin pencarian dan secara otomatis blog anda akan sangat mudah untuk ditemukan oleh calon pengunjung blog dalam mencari informasi yang relevasi dengan blog anda.

Selain melakukan optimasi seo offpage dengan cara mencari backlink yang berkualitas diatas, ada juga bisa mempromosikan website atau blog anda dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini:

Promosi blog di Social Bookmarking, saat ini sudah cukup banya situs social bookmark yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan website kita, selain meningkatkan popularitas blog, social bookmark juga memberikan backlink untuk blog kita. Perlu anda ketahui juga bahwa sebagian besar blogger luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya yang bisa anda jadikan sebagai tempat promosi sekaligus mendapatkan backlink.

Promosi blog di Forum, metode ini merupakan salah satu cara yang bisa kita untuk promosi website atau blog kita. Forum adalah tempat yang sangat efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya mempromosikan blog kita adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang sudah dibuat oleh orang lain dengan meninggalkan signature yang diberi link menuju blog kita. Untk memaksimalkan promosi target thread yang tempat kita berkomentar harus sesuai dengan tema blog kita, begitu signature yang dibuat merupakan keyword untuk blog yang kita optimasi tersebut sehingga blog anda akan mendapatkan backlink.

Promosi blog dengan membuat Artikel Directory, artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita kepada orang lain dengan cara membuat artikel dan meninggalkan link blog, metode ini cukup efektif untuk mendapatkan visitor untuk blog atau website kita. Selain itu juga blog anda akan mendapatka backlink.

Promosi blog di Website Directory, sebagian besar para blogger jarang melakukan submit ke website directory padehal teknik promosi ini berdampak besar dalam meningkatkan traffic blog anda, biasanya blog atau website baru sangat sulit untuk berada di page 1 google, oleh karena itu dengan submit posting blog kita ke website directory itu bisa menjadi alternative agar posting pada blog kita ditemukan pengguna internet di halama teratas mesin pencarian seperti google karena sebagian website directory kualitas yang cukup tinggi dalam hal seo serta memiliki traffic yang cukup bagus. Disamping itu juga secara otomatis blog anda akan mendapatkan backlink.

Promosi blog di Social Media, saat ini media sosial sudah menjadi hal yang sangat penting dalam ilmu SEO, keterlibatan social media sangat di perhitungkan oleh mesin pencarian seperti google bahkan social media signal termasuk dalam algoritma SEO mereka. Menurut google sosial media adalah tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan apabila kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media tersebut maka google menganggap visitor tersebut merupakan orang yang memang benar-benar tertarik dengan isi atau konten yang terdapat dalam website atau blog kita tersebut.

Demikian cara optimasi seo off page terbaru yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Cara Memaksimalkan Keyword Agar Lebih SEO yang masuk sub katagori materi optimasi SEO On Page. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO Off Page sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing, saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.