Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly

Belajar SEO - Optimasi Gambar Agar SEO Friendly sangat penting untuk mendongkrak posisi untuk meningkatkan trafik pengunjung dari mesin pencari seperti google. Hal ini dikarenakan mesin pencarian saat ini tidak bisa mengenal gambar secara lansung, sehingga kita harus bemberikan beberapa atribut khusus sebagai tanda pengenal sebuah gambar agar mudah ditemukan oleh mesin pencarian seperti google. Dalam dunia blog gambar yang mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencarian seperti google disebut juga Gambar SEO Friendly.
Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly
Gambar SEO Friendly

Apa itu optimasi gambar? Optimasi gambar adalah pengoptimalan yang dilakukan pada sebuah gambar di sebuah postingan yang bertujuan untuk meningkatkan posisi gambar tersebut di hasil pencarian gambar di mesin pencari atau SERP image.

Gambar yang SEO Friendly  sangat berperan penting dalam optimasi SEO on page yang akan membantu sebuah halaman situs untuk ditemukan mesin pencarian seperti google. Oleh karena itu jika kita menyisipkan gambar pada halaman sebuah situs, maka gambar tersebut harus di optimasi sebaik mungkin agar menjadi lebih SEO Friendly  sehingga akan turut berperan dalam meningkatkan otoritas halaman blog tersebut.

Melihat pentingnya optimasi gambar diatas, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik tentang optimasi gambar dalam posting blog. Berikut beberapal hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan gambar dalam posting untuk meningkatkan posisi gambar di Google gambar atau SERP image;

Ukuran Size Gambar
Ukuran gambar ini harus diperhatikan agar tidak menambah atau membuat loading blog lambat. Mengingat kecepatan koneksi internet di Indonesia tebilang lambat atau dibawah rata-rata dibandingkan dengan Negara lain diseluruh dunia. Memang tidak ada ketentuan khusus untuk maasalah ukuran gambai yang SEO, tapi menurut saya asal tidak lebih dari 500 kb. Jika  gambar memiliki ukuran yang terbilang besar atau lebih dari 500 kb gunakan tools pengompress ukuran gambar atau bisa gunakan tools bawaan windows yang bernama paint untuk memperkecil ukuran gambar tersebut. Contoh ukuran gambar yang kecil:

Penggunaan Ekstensi Gambar
Dalam  penggunaan ekstensi gambar menurut saya lebih baik menggunakan gambar berekstensi .png. karena ekstensi  PNG yang merupakan singkatan dari Portable Network Graphics memiliki format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan tanpa menghilangkan bagian dari citra tersebut. Bahkan citra dengan format PNG memiliki faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF dengan perbandingan 5%-25% lebih baik dari pada format GIF. Contoh gambar ekstensi  PNG:

Penamaan File Gambar
Nama file menurut saya sangat penting karena mesin pencari hanya hasil pencarian sesuai keyword yang sedang dicari saja. Jadi kita harus memberikan nama file gambar tersebut sesuai dengan keyword yang relevan dengan gambar dan artikel. Nama seperti Image001 atau yang yang tidak sesuai dengan kata kunci harus diperbaiki terlebih dahulu. Caranya sebelum upload gambar yang sudah disiapkan, nama pada gambar tersebut dirubah dulu sesuai dengan keyword yang relevan dengan artikel. Disarankan tidak membuat nama file yang terlalu panjang, berilah nama file yang singkat namun mendeskripsikan gambar dengan jelas.
Selain itu juga hindari penyalinan url gambar dari situs lain meskipun metode ini bisa dilakukan, tapi lebih baik di unduh terlebih dahulu dan di upload ulang. Contoh penamaan file:

Menggunakan Atribut Tag Alt
Alt text merupakan singkatan dari alternate text yang berfungsi untuk menjelaskan gambar tersebut kepada robot spider. Karena robot spider tidak dapat melihat gambar melainkan hanya dapat membaca text, oleh karena itu kita harus menggunakan tag "alt" untuk memberikan penjelasan tentang gambar tersebut kepada robot spider.

Sebaiknya  menaruh kata kunci yang relevan dengan gambar tersebut ke dalam tag alt untuk memperjelasdeskripsi  gambar tersebut. Tapi jangan menggunakan tag alt tempat berkumpulnya kata kunci yang sangat banyak justru akan membuat bingung robot spider karena tidak semua keyword-keyword yang dimasukan akan mendeskripsikan gambar tersebut.

Mengguunakan Tag Title Pada Gambar
Tag title sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan tag alt, yaitu untuk mendeskripsikan sebuah gambar. Tapi perbedaannya adalah tag title bisa digunakan di gambar dan link untuk optimasi sebuah anchor text, sedangkan tag alt hanya bisa digunakan untuk gambar saja. Oleh karena itu tag title juga bisa digunakan untuk optimasi keyword melalui anchor text untuk memperkuat keyword  sehingga mampu meningkatkan posisi artikel di SERP dan gambar di SERP iamge. 

Berikut ini cara penggunaan Tag Title dan Tag Alt:
Klik pada gambar
Klik properties
Isi kelom  sesuai dengan keyword yang anda inginkan, seperti pada contoh dibawah ini:
Lalu klik Ok

Menggunakan Lebel atau Caption pada gambar
Caption atau teks yang berada di bawah gambar berfungsi untuk memperjelas agar mesin pencari image memperhitungkan relevansi keyword yang dicari calon pengunjung.
Klik pada gambar
Klik Add caption
Lalu tuliskan Lebel sesuai dengan gambar

Demikian Cara Membuat Gambar SEO Friendly di Blog yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Cara Membuat Title Tag Otomatis Yang SEO Friendly, semoga bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO On Page sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing, saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.