Cara Membuat Title Tag Otomatis Yang SEO Friendly

Belajar SEO - Membuat title tag otomatis yang SEO friendly merupakan salah satu dari berbagai macam cara blogger setting  blog mereka agar menjadi lebih SEO Friendly. Bagi seorang blogger hal tersebut memang merupakan salah satu bentuk usaha untuk memperbaiki blog agar tetap menempatkan posisi paling atas di search engine atau mesin pencarian seperti google. Memiliki sebuah blog dengan beribu posting sekalipun tidak akan mampu mewakili blog itu untuk menjadi yang terdepan di halam mesin pencarian jika dalam proses optimasi blog blog tersebut teliti dan tidak memperhatikan susunan Meta Tag dan  Title Tag yang merupakan jantung sebuah blog.

Begitu juga sebaliknya, memiliki template blog yang di lengkapi dengan optimasi Meta Tag dan Title Tag yang paling bagus sekalipun tidak akan mampu mendongkrak blog tersebut untuk mendudukin posisi teratas di mesin pencarian seperti google jika artikel tidak memiliki nilai dan manfaat atau dengan bahasa lain  Artikel pada blog tersebut tidak memiliki kualitas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini  kita akan membahas  Cara Memasang Title Tag Agar Lebih SEO Friendly.

Tapi seperti biasa sebelum kita masuk pembahasan pokok dari tema ini kita ulas dulu sedikit pengertian title tag sehingga kita memahami apa arti dari pada Title Tag. Secara bahasa Title adalah istilah dalam bahasa inggris yang artinya Judul, sedangkan Tag dalam bahasa inggris jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti Label. Jadi apabila kita menggabungkan dua kata tersubut setelah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah Label Judul atau dalam bahasa blog lebih dikenal dengan Tag Judul.

Title Tag atau Tag Judul jika kita analogikan dalam kehidupan sehari-hari biasanya selalu berada ditempat yang strategis untuk diketahui banyak orang seperti pada posisi paling atas sebagai contoh jika title tag kita analogikan sebagai sebuah taman atau area bermain, jika nama taman atau area bermain tersebut tidak terlihat oleh pengunjung maka secara otomatis pengunjung taman area bermain tersebut akan lebih sepi dibandingkan jika taman tersebut memasang reklame yang mudah dilihat oleh calon pengunjung. Karena jika area bermain memasang reklame yang mudah dilihat oleh masyarakat umum, maka tidak menutup kemungkinan orang yang tidak berniat untuk bermainpun akan singgah karena tertarik setelah melihat reklame tersebut .

Jadi inti dari pengertian Title Tag pada blog yaitu untuk memasang Tag Judul agar pengunjung yang sedang melakukan pencarian di kotak search engine seperti google akan mudah mengenal tema blog kita sehingga lebih meyakinkan mereka untuk mengunjungi blog kita. Oleh karena itu buat kita semua para blogger pemula termasuk saya yang belum mengerti atau belum memahami cara memasang Title Tag pada blog, mari pelajari baik - baik caranya pada pembahasan kali ini. Karena dengan memasang Tag Judul ini pada Blog, maka tampilan akan menjadi lebih SEO Friendly.

Kita kembali ke topik utama, cara membuat title tag tag judul otomatis yang seo friendly, yaitu dimana ketika mouse hover anda mengarah pada judul posting, maka akan muncul sebuah info text atau title info judul itu sendiri, seperti contoh pada gambar dibawah ini yang saya ambil dari posting sebelumnya.
Cara Membuat Title Tag Otomatis Yang SEO Friendly
Contoh Title Tag


Setelah melihat gambar diatas, saya yakin kita sudah paham apa itu title tag atau tag judul. Sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu bagaimana cara membuat title tag blog secara otomatis, ikuti langkah-langkah berikut:
Langkah pertama Buka akun Blogger anda.
Setelah itu Pilih Menu Template > Klik Edit Html.
Lalu cari kode seperti di bawah ini.
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>

Dan ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini.
<a expr:href='data:post.link' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>

Selanjutnya cari lagi kode seperti di bawah ini
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>

Lalu ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini.
<a expr:href='data:post.url' expr:title='data:post.title'><data:post.title/></a>

Terahir klik simpan template anda.

Demikian Cara Membuat Title Tag Otomatis pada blog agar menjadi lebih SEO Friendly yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Cara Optimasi URL atau Link Posting Agar SEO, semoga bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO On Page sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.