Cara Optimasi Internal Link Agar Blog SEO Friendly

Belajar SEO - Cara optimasi internal link blog agar SEO adalah topik pembahasan kali ini setelah kemaren mengulas secara tuntas tentang outbound link. Seperti biasa sebelum memasuki pembahasan utama, saya akan menerjemahkan terlebih dahulu pengertian apa yang dimaksud dengan internal link itu sendiri. Karena apabila pembaca yang memang sudah mengerti tentang internal link ini seharusnya tidak perlu dibahas lagi pengertian internal link ini, tapi bagaimana jika pembaca merupakan seorang blogger yang masih pemula dan belum mengerti tentang arti internal link sementara ingin belajar SEO. Tentu sangat kesulitan memahami ulasan tentang cara optimasi internal link untuk SEO ini.
Cara Optimasi Internal Link
Internal Link

Pengertian Inbound Link

Sebenarnya para pakar SEO mengartikan inbound link ini menjadi dua versi, tapi disini kedua pengertian inbound link itu akan saya jadikan sebuah satu kesatuan. Sebagian ahli SEO mendefinisikan inbound link sebagai sebuah link yang terdapat dalam sebuah web atau blog dan berasal dari dalam situs itu sendiri, baik yang dari posting ke Homepage atau sebaliknya dari Homepage yang diarahkan ke sebuah posting. Pengertian ini biasa juga disebut dengan internal link. Sementara ada juga yang mengartikan inbound link ini merupakan sebuah link dari situs lain yang diarahkan menuju web atau blog kita, baik Homepage maupun artikel. Untuk pengertian yang kedua ini bisa juga dikatakan sebuah backlink, karena backlink itu sendiri merupakan sebuah link yang didapat dari situs lain dan menuju website atau blog kita.

Dari kedua pengertian diatas yang mungkin masih membingungkan, maka saya ambil kesimpulan bahwa inbound link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada situs kita baik menuju Homepage maupun posting.

Tapi dalam pembahasan ini saya hanya mengulas bagaimana cara mengoptimalkan link yang berasal dari blog atau web kita sendiri atau dengan bahasa lain internal link karena tahapan ini masih dalam tahapan optimasi SEO On Page. untuk ulasan tentang inbound link yang didapat dari situs lain akan dibahas pada tahapan optimasi SEO Off Page dengan dalam topik optimasi backlink.

Sekarang kita kembali ke topik utama bagaimana cara optimasi internal link untuk SEO sebuah blog atau website agar mempu bersaing diposisi teratas mesin pencarian seperti google. Berikut ini cara mengoptimalkan inbound link blog:

Link Menuju Homepage
Setiap membuat posting, perlu membuat link yang menuju homepage diawal tulisan karena link ini sangat diperlukan terutama jika anda baru mulai membangun sebuah blog. Dengan menanam internal yang natural dari posting menuju homepage maka blog atau website tersebut akan cepat terindex oleh mesin pencari seperti google, karena dalam membangn seo hal pertama yang harus di optimasi adalah homepage bukan postingan.

Link Menuju Artikel Itu Sendiri
Link yang dibuat pada sebuah artikel dan ditujukan kearah posting itu sendiri sangat penting karena akan lebih menegaskan keberadaan posting tersebut sehingga memudahkan spider mesin pencari untuk mempercepat proses index. Tentunya link dibuat dengan menggunakan anchor text keyword atau kata kunci posting tersebut.

Link Menuju Artikel Terkait

Membuat tautan atau link ke posting lain yang terkait dengan artikel tersebut akan sangat membantu mengoptimalkan proses index mesin cari seperti google pada seluruh halaman blog atau wobsite yang saling bertautan. Dengan begitu secara otomatis mesin cari akan membaca artikel posting pada link atau tautan yang ada tersebut. Selain itu juga link yang dibuat menuju artikel terkait biasanya terletak di bagian bawah postingan dengan harapan setelah pengunjung membaca artikel mereka akan lansung menuju artikel yang diberi link tersebut. Hal ini penting karena akan menurunkan persentase bounce rate sebuah blog, apa itu bounce rate, nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Demikian Cara Optimasi Internal Link Agar Blog SEO Friendly  yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya Pengertian, Manfaat Dan Pengaruh Outbound Link Terhadap SEO, semoga bermanfaat untuk anda dalam melalukan optimasi SEO On Page sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di halaman 1 pencarian google. Jika ada yang mau ditambahkan, bertanya atau sharing, saya persilahkan di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda, saya tunggu kunjungan anda selanjutnya untuk belajar bersama, tentunya masih terkait dengan pembahasan SEO.