Teknik SEO Untuk Pemula

Belajar SEOTeknik SEO Untuk Pemula yang akan saya bahas kali ini adalah teknik dasar dalam optimasi sebuah situs maupun konten blog yang ingin menduduki ranking 1 mesin pencarian google. Tapi perlu anda ketahui bahwa dalam SEO tidak ada ilmu pasti karena algoritma google sangat dinamis. Selain tips SEO juga masih banyak teknik lain yang bisa anda pelajari, tentunya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Teknik SEO Untuk Pemula

Teknik SEO yang akan saya uraikan kali ini adalah materi utama yang harus diketahui para blogger. Perlu anda ketahui juga bahwa menurut para pakar SEO bahwa ada tiga  hal utama dalam melakukan optimasi SEO yaitu Research Keyword, SEO On Page dan SEO Off Page. untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu tips SEO untuk pemula ini.

Research Keyword
Research Keyword atau Riset kata kunci merupakan salah satu langkah awal Tips SEO yang harus dipelajari oleh pemula. Riset kata kunci adalah proses mencari dan menganalisa kata yang sering digunakan orang dalam mencari informasi pada mesin pencari seperti google. Dalam proses ini kita mencari kata kunci paling banyak dicari dan memiliki pesaing yang relatifsedikit.

Riset kata kunci adalah komponen yang sangat penting dalam optimasi SEO karena bila anda melakukan riset kata kunci dengan benar maka anda memiliki peluang yang besar untuk menduduki halaman 1 mesin pencarian seperti google dan tentunya mandapat trafik yang berlimpah.

SEO On Page
SEO on Page ini juga wajib untuk diketahui oleh pemula karena optimasi sebuah situs atau blog harus dimulai dari teknik ini. SEO On Page merupakan upaya optimasi halaman utama blog dan postingan agar blog berada di posisi teratas search engine seperti google. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam teknik SEO on page diantaranya; domain, halaman judul dan  judul posting, header tags, alt tags  image untuk gambar, jumlah kata dalam suatu artikel, persentase kemunculan kata kunci, kesesuaian antara judul posting dengan isi artikel, dan jumlah  link keluar dan internal linking (tautan ke posting lain di blog yang sama).

Untuk mengetahui secara detail teknik SEO On Page, pada artikel selanjutnya akan saya bahas satu per satu bagaimana cara optimalisasi Url Link, Judul Tag, Optimasi Gambar, Optimasi Link Keluar/Outbound, Optimasi Kata Kunci, Optimasi Judul Pada Tag H1, Optimasi Kecepatan Loading Situs, Optimasi Konten/Artikel, Optimasi Kata Kunci Turunan, Optimasi Internal Link.

SEO Off Page
SEO Off Page merupakan poin yang sangat penting dalam optimasi SEO, tidak seorang pun dalam mengoptimasi sebuah situs melewatkan teknik ini. Secara umum, SEO Off Page adalah sebuah teknik seo yang di lakukan dari luar web atau blog untuk meningkatkan peringkat situs di halaman mesin pencari seperti google. Inti dari seo off page yaitu mencari backlink berkualitas yang mengarah ke blog atau website kita. Sebagian besar pakar SEO melakukan optimasi SEO off page dengan mengutamakan membangun link building, tapi selain dari itu masih banyak teknik SEO off page yang bisa anda lakukan.

Selain membangun link building anda juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dari situs dofollow, domain .edu dan .gov, Social Bookmark, Forum, Artikel Directory, Website Directory, serta meningkatkan sosial media signal. Untuk pembahasan secara detailnya nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas secara rinci teknik SEO off page.

Demikian teknik SEO yang harus diketahui pemula semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada yang mau ditanyakan mengenai teknik SEO silahkan di komentar facebook. Jika saya bisa menjawab dengan senang hati akan saya jawab, tapi kalau tidak bisa kita diskusikan untuk mempelajarinya bersama. Salam Blogger